Sepeda motor sudah menjadi salah satu alat transportasi utama khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Meningkatnya permintaan sepeda motor merupakan tantangan bagi produsen sepeda motor untuk bersaing dengan pesaingnya. Oleh karena itu, produsen harus dapat memberikan produk yang berkualitas dan diminati oleh masyarakat. Sehubungan dengan hal diatas maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek (brand trust) dan asosiasi merek (brand association) terhadap loyalitas konsumen sepeda motor Honda Tiger. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan penyebaran kuesioner di Komunitas Honda Tiger di Monumen Nasional, Jakarta pada bulan Juli 2011. Kuesioner disebarkan kepada 130 orang responden dengan metode purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan perhitungan Mean Score, Overall Mean Score, dan Uji Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh brand trust dan brand association terhadap loyalitas responden pada sepeda motor Honda Tiger. Selain itu, secara parsial, terdapat pengaruh brand trust terhadap loyalitas responden dan terdapat pengaruh brand association terhadap loyalitas responden. Tingkat loyalitas responden terhadap sepeda motor Honda Tiger adalah tinggi, asosiasi merek menurut responden adalah baik dan tingkat kepercayaan responden terhadap sepeda motor Honda Tiger adalah tinggi. |