Pada dasarnya tujuan dasar suatu perusahaan adalah mendapatkan laba maksimal, namun sering kali perusahaan gagal untuk memperoleh laba yang diharapkan karena pemilihan strategi bersaing yang salah. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai penerapan sistem akuntansi manajemen yang mendukung strategi bersaing yang diterapkan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh laba optimal. Penelitian ini merupakan studi kasus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perhitungan harga pokok produk melalui pendekatan tradisional dan pendekatan activity based costing (ABC) pada perusahaan Mitra Jaya. Selain itu, juga dilakukan analisis cost-volume-profit (CVP) yang nantinya berguna dalam mendukung penerapan strategi perusahaan. Hasil perhitungan harga pokok dengan ABC memberikan informasi yang lebih akurat sehingga bermanfaat bagi pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan stratejik untuk mencapai laba optimal. Selain itu, analisis CVP dilakukan untuk memberikan proyeksi kepada perusahaan mengenai tingkat penjualan yang diharapkan untuk menghindari kerugian operasi, mencapai target laba tertentu, dan menghindari kebangkrutan usaha. |