Anda belum login :: 04 Jun 2025 18:07 WIB
Detail
ArtikelConsumers' Perception in Pharmacy Services in Three Cities in Indonesia  
Oleh: Handayani, Rini Sasanti ; Gitawati, Retno ; Raharni
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Makara Seri Kesehatan vol. 13 no. 1 (Jun. 2009), page 22.
Topik: Pharmacy; Pharmaceutical Care; Consumers’ Perception
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM75.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPelayanan kesehatan yang baik berperan strategis dalam perbaikan kesehatan masyarakat. Kualitas layanan farmasi danpelayanan kefarmasian yang lebih baik dan berorientasi pada konsumen (pasien) harus terus dikembangkan agar dapatmemenuhi kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah dan meningkat, disamping dapat mengurangi risikopengobatan. Guna meningkatkan kualitas layanan farmasi dan pelayanan kefarmasian, perlu diketahui bagaimanapersepsi konsumen apotek tentang pelayanan farmasi yang didapatkannya, dan bagaimana opini konsumen tentangsuatu apotek yang ideal. Penelitian ini mengungkapkan persepsi konsumen tiga kota (Jakarta, Yogyakarta danMakassar) berdasarkan dimensi tangible, keandalan dan ketanggapan pelayanan, jaminan mutu dan empati. Persepsikonsumen dikategorisasikan sebagai "baik" dan "buruk". Hasil secara keseluruhan menunjukkan 74,5% konsumenmemiliki persepsi yang baik terhadap layanan apotek meskipun pelayanan kefarmasian yang diperoleh belummemenuhi standar farmasi komunitas. layanan apotek dan pelayanan kefarmasian masih berorientasi pada obat, belumberorientasi pada pasien/konsumen. Pelayanan kefarmasian yang memenuhi standar farmasi komunitas (misalnyapemberian informasi obat oleh apoteker, layanan konseling, monitoring penggunaan obat dan evaluasi pengobatan,promosi dan edukasi kesehatan untuk pasien) belum menjadi alasan bagi konsumen untuk memilih suatu apotek.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)