Dalam perkembangan jaman sekarang ini, kemajuan industri otomotif juga ikut berkembang. Hal ini dapat terlihat dari jumlah peningkatan pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Namun dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, maka jumlah kecelakaanpun ikut meningkat. Asuransi sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para pengguna kendaraan bermotor. Bila tertanggung mengalami kecelakaan ataupun kehilangan terhadap kendaraannya, maka tertanggung dapat mengajukan klaim. Untuk itu penulis melakukan penelitian pada PT Asuransi Rama Satria Wibawa yang meliputi observasi, wawancara dengan manajer klaim kendaraan bermotor dan menyebarkan kuesioner kepada para staff di divisi klaim tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa prosedur pengajuan klaim asuransi kecelakaan kendaraan bermotor pada PT Asuransi Rama Satria Wibawa telah berjalan secara efektif dan efisien. Namun masih ditemukan beberapa kelemahan yang terjadi, salah satunya adalah staff divisi klaim tidak turut serta secara langsung dalam proses survey yang dilakukan surveyor dalam memeriksa kendaraan (mobil) yang sedang di klaim. Untuk itu penulis telah memberikan saran saran yang dapat dipergunakan oleh perusahaan di masa yang akan datang. |