Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bonus plan, leverage, peluang investasi (growth opportunities), ukuran perusahaan dan kekuatan buruh, terhadap pemilihan kebijakan akuntansi perusahaan serta menguji pengaruh pemilihan kebijakan akuntansi perusahaan terhadap relevansi nilai. Kebijakan akuntansi yang dimaksud adalah yang bersifat increasing dan decreasing income. Penelitian ini terdiri dari 6 hipotesis. Hipotesis ini diuji dengan sampel sebanyak 245 perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Hasil pengujian dengan menggunakan regresi logistik dalam model pertama menunjukkan leverage dan bonus plan secara signifikan mempengaruhi keputusan manajemen dalam pemilihan kebijakan akuntansi. Sedangkan, peluang investasi (growth opportunities), ukuran perusahaan dan kekuatan buruh tidak memperngaruhi manajemen dalam pemilihan kebijakan akuntansi. Dalam model kedua, hipotesis diuji dengan regresi linier sederhana dan mendapatkan kesimpulan bahwa pemilihan kebijakan akuntansi berpengaruh signifikan terhadap relevansi nilai perusahaan. |