Saat ini, merek sudah menjadi sebuah gaya hidup. Merek yang kuat dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan pembelian konsumen. Salah satu cara untuk menilai seberapa kuat sebuah merek, dapat menggunakan konsep ekuitas merek. Merek yang memiliki ekuitas kuat dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menggambarkan ekuitas merek Samsung Galaxy S II. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 135 orang responden yang tergabung dalam Forum Kaskus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik simple random sampling dengan penentuan besar sampel yang ditentukan berdasarkan rumus perhitungan Slovin. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor. Analisis faktor dilakukan untuk mencari faktor-faktor apa saja yang menggambarkan ekuitas merek Samsung Galaxy S II. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mengambarkan ekuitas merek yang terdiri dari 3 faktor. Faktor-faktor tersebut adalah faktor Perceived Quality, Brand Association, dan Brand Loyalty. Faktor yang paling dominan dalam menggambarkan ekuitas merek Samsung Galaxy S II menurut responden adalah faktor Brand Loyalty dengan varians sebesar 48,398%. |