Anda belum login :: 21 Jul 2025 13:32 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengarang Melalui Penilaian Portofolio pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Tarakanita 2 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Bibliografi
Author:
KOBAN, KRISTIANI KETIPA
;
Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani
(Advisor)
Topik:
Keterampilan menulis karangan
;
Penilaian portofolio
;
Siswa SD
;
Kelas II
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2012
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Kristiani Ketipa Koban's Undergraduate Theses.pdf
(267.53KB;
10 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-173
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar sangat penting bagi siswa sebagai warga negara Indonesia. Oleh karena itu, proses pembelajaran Bahasa Indonesia dilaksanakan menggunakan penilaian yang tepat. Salah satunya menggunakan penilaian portofolio. Penilaian portofolio adalah menilai kumpulan karya individu untuk suatu mata pelajaran tertentu, sehingga terlihat perkembangan kemajuan hasil belajar siswa. Keterampilan menulis adalah segenap rangkaian kegiatan seseorang mengungkapkan buah pikirannya melalui bahasa tulis untuk dimengerti dan dibaca oleh orang lain, yang diharapkan dapat diterapkan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam mengarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengarang pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Tarakanita 2. Jenis peenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peneliti dibantu guru kelas II selaku observer dan 27 siswa kelas II SD Tarakanita 2. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus. Siklus pertama terbagi dalam tiga kali pertemuan dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan menggunakan penilaian portofolio. Siklus kedua terdiri dua pertemuan dengan tujuan untuk membandingkan hasil mengarang siswa setelah melakukan portofolio dengan sebelum melakukan portofolio. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dibutuhkan rasa percaya diri dan kreativitas siswa dalam mengarang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil dari kedua siklus bahwa tingkat kemampuan siswa dalam mengarang meningkat. Hal tersebut diketahui dari hasil mengarang siswa antara siklus pertama dengan siklus kedua. Selain itu tanggapan observer mengenai pelajaran bahasa Indonesia terutama menulis karangan menjadi lebih baik. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan penilaian portofolio dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan. Hal ini dibuktikan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang diterapkan di SD Tarakanita 2 dengan hasil penelitian mengalami peningkatan, yaitu rata-rata pada siklus 1 adalah 74,07% menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru dan mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang akan melakukan praktek mengajar dapat menerapkan penilaian portofolio, agar hasil menulis karangan siswa lebih meningkat dan mendapatkan pengalaman bermakna dalam setiap proses pembelajaran, agar hasil belajar siswa menjadi lebih optimal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)