Kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan untuk membaca dengan baik dan teliti dengan tujuan mengerti serta memahami isi atau makna dari apa yang dibaca. Kemampuan membaca pemahaman merupakan hal yang sangat diperlukan siswa dalam kegiatan belajarnya. Lemahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa merupakan kendala untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, tidak hanya pada pelajaran Bahasa Indonesia saja, pada pelajaran yang lain pun kemampuan membaca pemahaman sangat diperlukan misalnya dalam pemahaman materi pelajaran dan soal. Untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa antara lain dapat diterapkan teknik scramble. Teknik scramble adalah salah satu teknik pembelajaran membaca dari sebuah permainan bahasa yaitu sebuah permainan dengan menyusun suatu organisasi tulisan yang telah dikacaubalaukan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVC SD Tarakanita 3 dan mendeskripsikan pembelajaran membaca dengan teknik scramble. Subyek penelitian ini adalah peneliti, guru kelas IVC dan siswa kelas IVC SD Tarakanita 3 Jakarta yang berjumlah 24 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Kegiatan pembelajaran pada siklus pertama, dilakukan di dalam kelas dengan cara kerja kelompok, siswa menyusun paragraf menjadi sebuah wacana kemudian dipresentasikan dan dibahas. Ternyata siswa belum terlalu memahami teknik scramble dan kemampuan membaca pemahaman belum maksimal (Nilai tes menceritakan kembali isi cerita 6,74 dan tes menjawab pertanyaan bacaan 6,79). Dengan demikian pada kegiatan pembelajaran siklus kedua dilakukan perbaikan dan pemantapan teknik scramble dengan cara dipilih bacaan yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kegiatan dilakukan di luar kelas sehingga kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa semakin aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik scramble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVC SD Tarakanita 3 Jakarta, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai pada tes menceritakan kembali isi cerita yaitu dari 6,74 meningkat menjadi 7,61 dan tes menjawab pertanyaan bacaan dengan nilai 6,79 menjadi 7,75. Selain itu siswa juga semakin aktif dan tertarik pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pelajaran membaca serta tidak takut untuk mengekspresikan ide-ide yang dimilikinya. Dengan demikian disarankan guru hendaknya menggunakan teknik scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, hal ini dikarenakan melalui teknik scramble siswa diajak bermain sambil belajar sehingga lebih mengaktifkan siswa. |