Anda belum login :: 01 May 2025 14:45 WIB
Detail
BukuPeningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Santo Paulus dengan Menggunakan Metode Eksperimen
Bibliografi
Author: D, MARIA OCTAVIANI EKA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Motivasi Belajar; Pelajaran IPA; Metode Eksperimen; Kelas IV; Siswa SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2012    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Octaviani Eka D's Undergraduate Theses.pdf (567.52KB; 66 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-163
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam diri maupun yang berasal dari luar diri untuk mencapai tujuan dari belajar itu sendiri. Motivasi yang berasal dari dalam diri sering disebut dengan motivasi intrinsik, sedangkan motivasi yang berasal dari luar sering disebut dengan motivasi esktrinsik. Dengan penelitian ini maka diharapkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Santo Paulus
dapat meningkat terutama pada mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang lingkungan alam sekitar. agar mata pelajaran IPA mudah dimengerti dan dipahami, maka dalam pembelajaran IPA perlu menggunakan benda-benda yang nyata, dan menggunakan metode yang bervariasi, termasuk dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Dalam penggunan metode eksperimen diharapkan siswa kelas IV SD Santo Paulus dapat memahami konsep dan mencari tahu sendiri apa yang belum dimengerti dan juga
untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SD Santo Paulus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IV dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, karena penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan guru kelas dengan mengambil permasalahan yang ada di dalam kelas. Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa maka dilakukan penyebaran intrumen.
Hasil penelitian ini terlihat bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, khususnya pada motivasi ekstrinsik. Motivasi ekstrinsik mengalami peningkatan dari 24,93 yang berada pada kategori sedang menjadi 26,07 yang berada pada kategori tinggi sedangkan motivasi intrinsik mulai dari 40,4 menjadi 40,73. Rata-rata skor pada motivasi
intrinsik berada pada kategori tinggi, jadi pada motivasi intrinsik tidak mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi ekstrinsik ini terjadi karena guru menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)