Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang berasal dari dalam diri maupun yang berasal dari luar diri untuk mencapai tujuan dari belajar itu sendiri. Motivasi yang berasal dari dalam diri sering disebut dengan motivasi intrinsik, sedangkan motivasi yang berasal dari luar sering disebut dengan motivasi esktrinsik. Dengan penelitian ini maka diharapkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Santo Paulus dapat meningkat terutama pada mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang mempelajari tentang lingkungan alam sekitar. agar mata pelajaran IPA mudah dimengerti dan dipahami, maka dalam pembelajaran IPA perlu menggunakan benda-benda yang nyata, dan menggunakan metode yang bervariasi, termasuk dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Dalam penggunan metode eksperimen diharapkan siswa kelas IV SD Santo Paulus dapat memahami konsep dan mencari tahu sendiri apa yang belum dimengerti dan juga untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SD Santo Paulus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, karena penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan guru kelas dengan mengambil permasalahan yang ada di dalam kelas. Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa maka dilakukan penyebaran intrumen. Hasil penelitian ini terlihat bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, khususnya pada motivasi ekstrinsik. Motivasi ekstrinsik mengalami peningkatan dari 24,93 yang berada pada kategori sedang menjadi 26,07 yang berada pada kategori tinggi sedangkan motivasi intrinsik mulai dari 40,4 menjadi 40,73. Rata-rata skor pada motivasi intrinsik berada pada kategori tinggi, jadi pada motivasi intrinsik tidak mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi ekstrinsik ini terjadi karena guru menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA. |