Anda belum login :: 24 Jul 2025 07:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Sikap Siswa Kelas XII IPA terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok di SMAK 6 Penabur Jakarta Utara
Bibliografi
Author:
SUHERMAN, SHEUN YING
;
Pedhu, Yoseph
(Advisor)
Topik:
Sikap
;
Bimbingan kelompok
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2012
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Sheun Ying Suherman's Undergraduate Theses.pdf
(5.11MB;
27 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-446
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung atau memihak (favorable) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorable) pada objek tertentu. Sikap ditandai dengan beberapa ciri-ciri yaitu selalu berubah-ubah dan dapat dipelajari serta tidak berdiri sendiri tetapi selalu melibatkan hubungan antara seseorang dan orang lain, antara orang dengan suatu objek atau situasi. Jika seseorang memiliki sikap yang menyenangkan terhadap suatu objek maka akan mendekati. Sebaliknya jika seseorang memiliki sikap tidak menyenangkan akan menghindari. Sikap dibentuk oleh tiga komponen, yaitu kognitif, afektif dan perilaku (konatif). Bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat. Bimbingan kelompok diselenggarakan untuk memberikan informasi yang bersifat personal, vokasional, dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan umpan balik dari sikap siswa kelas XII IPA terhadap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMAK 6 Penabur Jakarta Utara. Penelitian dilakukan di SMAK 6 Penabur Jakarta Utara dengan subjek penelitian adalah kelas XII IPA yang berjumlah 36 siswa/i. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dengan menggunakan alat ukur skala sikap tipe Likert. Hasil ujicoba instrumen dari 158 pernyataan didapatkan 119 pernyataan v valid dengan reliabilitas 0,981 dan r-tabel = 0,361 dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok diperlukan di sekolah. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya sikap positif yang diberikan oleh siswa maupun pihak sekolah dalam mendukung pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah, konselor sekolah dan para guru agar dapat meningkatkan pemberian materi, penggunaan metode pembelajaran dan pemanfaat media serta peningkatan karakteristik konselor dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMAK 6 Penabur Jakarta Utara.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)