Untuk menghadapi persaingan dalam suatu industri, perusahaan perlu mempersiapkan perencanaan yang matang serta eksekusi yang tepat. Itulah strategi. Organisasi apapun pasti memformulasikan strategi untuk dapat menjalankan visi dan misinya. Terlebih lagi pada perusahaan yang harus bersaing dengan kompetitor demi mendapatkan pasar. Itulah yang harus dilakukan PT Luvitasindo. PT Luvitasindo merupakan perusahaan yang membawa luxury brand Louis Vuitton ke Indonesia. Louis Vuitton berada di industri high-end fashion, yang didalamnya terdapat banyak pemain yang saling bersaing satu dengan yang lainnya. Tingkat persaingan yang tinggi ini disebabkan oleh berbagai faktor, yang utama adalah potensi pasarnya yang besar, yang dipengaruhi oleh berbagai kondisi lingkungan eksternal. Oleh sebab itu perlu disiapkan strategi yang matang agar PT Luvitasindo dapat siap menghadapi tingkat persaingan pada industri high-end fashion di Indonesia. Untuk mempersiapkan strategi yang baik, maka perlu dilakukan analisis lingkungan eksternal serta strategi internal perusahaan, yang menghasilakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) perusahaan, dan kemudian menganalisis keunggulan kompetitifnya melalui strategi-strategi bersaingnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak PT Luvitasindo serta beberapa pelanggan Louis Vuitton di Indonesia, observasi, studi kepustakaan, serta dokumen yang dimiliki oleh PT Luvitasindo. Melalui hasil penelitian, diketahui bahwa PT Luvitasindo menggunakan strategi fokus diferensiasi untuk merenggut pasar Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan melalui kualitas produk Louis Vuitton, yang membawa pada harga yang tinggi dengan inovasi yang intensif, serta standar pelayanan yang tinggi untuk meningkatkan customer service dan customer experience, di lokasilokasi prestisius yang eksklusif. Semua hal tersebut merupakan standarisasi yang dikontrol secara regional langsung dari pusat yaitu Paris. Strategi focus diferensiasi yang digunakan oleh Louis Vuitton di Indonesia terbukti berhasil dilihat dari tingkat respon pasar terhadap produk Louis Vuitton yang menghasilkan pada ekspansi store Louis Vuitton. Dengan semakin meningkatnya jumlah store Louis Vuitton, menunjukkan bahwa PT Luvitasindo semakin bertumbuh, dan semakin berkembang, sehingga dapat dikatakan bahwa strategi fokus diferensiasi merupakan strategi yang pantas digunakan pada industri high-end fashion. |