Drive cycling gear adalah perusahaan yang bergerak dalam industri olahraga sepeda khususnya apparel dan safety gear untuk para penggemar sepeda di tanah air. Drive menjadi salah satu pilihan dan solusi baru masyarakat penggemar sepeda yang membutuhkan kenyamanan dan keamanan pada saat bersepeda. Drive Menawarkan berbagai macam produk pakaian dan perlengkapan sepeda seperti Helm, Jersey, Cycling Suit dan Protector. Dalam observasi, dan membaca beberapa sumber bacaan di berbagai media internet, penggemar dan pengguna sepeda kini terhitung sangat banyak dan berpotensi untuk berkembang. Di seluruh kota-kota besar di Indonesia saja, jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu orang. Berkembangnya penggemar dan pengguna sepeda ini berdampak positif secara langsung terhadap beberapa perusahaan yang bergerak di industri ini, khususnya industri produksi sepeda yang menaikan kapasitas produksinya secara signifikan. Belum lagi adanya peningkatan permintaan sepeda merek impor yang di sebabkan ketidaksanggupan kapasitas produksi industri sepeda untuk memenuhi permintaan sepeda di dalam negeri. Di tengah-tengah meledaknya permintaan sepeda yang begitu besar, bergerak pula beberapa industri yang bermain sebagai bagian kecil dari industry sepeda. Produk yang muncul seperti baju, perlengkapan keamanan untuk bersepeda ikut meramaikan pasar dari industri olahraga sepeda ini. Sejumlah merek-merek lokal maupun merek impor banyak yang menawarkan produk ini untuk para pengguna sepeda. Namun Penulis tidak melihat adanya perbedaaan yang terlalu signifikan dalam produk-produk baju dan perlengkapan keamanan bersepeda ini. Disinilah Drive sebagai merek baru hadir untuk membuat suatu perbedaan didalam produk yang belum ada sebelumnya dengan menawarkan fungsi tambahan. Untuk pemasarannya, penulis memilih memasarkan produk ini secara B2B, yang mana penjualan dilakukan secara distribusi. Distribusi akan dilakukan ke agen-agen tunggal di setiap kota besar yang bergerak dalam bidang industry olahraga sepeda ini, dan akan ada beberapa kriteria-kriteria dan syarat yang harus di penuhi oleh agen, untuk menjadi agen tunggal. Dalam kegiatan operasional perusahaan, perusahaan akan menata dan membuat standar operasional perusahaan yang dapat memudahkan perusahaan menjalankan bisnisnya. Akan ada 5 macam operasional perusahaan yang akan di rencanakan, yaitu kegiatan desain produk, pembelian bahan, produksi melalui outsourcing, penerimaan dan kontrol kualitas, dan distribusi produk. Kegiatankegiatan ini akan dilakukan oleh beberapa tenaga kerja yang dipilih oleh perusahaan. Tenaga kerja yang akan di pekerjakan perusahaan adalah tenaga kerja yang mempunyai persyaratan kriteria yang telah di tentukan oleh perusahaan. Untuk pemilihan tenaga kerja, akan di laksanakan oleh pemilik perusahaan itu sendiri. Tenaga kerja yang akan di pekerjakan oleh perusahaan berjumlah 8 orang, terdiri dari 1 orang bagian administrasi umum, 1 orang accounting, 1 orang desainer, 1 orang, 2 orang sales, dan 3 orang petugas gudang. Seiring perkembangan jaman dan tren, persaingan produk didalam pasar dapat di katakan sengit. Drive sebagai perusahaan yang memproduksi cycling gear akan terus berinovasi dalam produk agar merek Drive dapat terus bertahan dan berkembang kedepannya. Inovasi yang dibuat oleh Drive adalah inovasi yang dapat memenuhi dan memberi suatu kebutuhan baru kepada para pengguna sepeda. |