Tingkat persaingan bisnis retail yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk dapat membedakan diri dengan pesaingnya dengan memperhatikan lingkungan, waktu tunggu, dan kualitas produk. Hal ini disebabkan karena setiap toko memiliki ciri khas yang membedakan dengan toko lain dan mahalnya biaya untuk mendapatkan konsumen baru dibandingkan dengan biaya pemeliharaan untuk kepuasaan konsumen yang sudah ada. Oleh sebab itu, consumer service harus diperhatikan semaksimal mungkin mulai dari waiting time, product quality, dan store atmosphere agar konsumen merasa puas dan datang kembali ke toko itu. Untuk mengukur seberapa besar consumer service dapat berpengaruh terhadap customer loyalty, maka penulis melakukan penelitian untuk melihat pengaruh consumer service terhadap customer loyalty di Giant, Plaza Semanggi. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak perempuan yang berbelanja dibandingkan laki-laki dengan frekuensi berbelanja sebanyak 65,5% dalam 3 sampai lebih dari 4 kali dalam seminggu. Dari analisis regresi, didapat bahwa adanya pengaruh positif dari consumer service terhadap customer loyalty di Giant, Plaza Semanggi. Keinginan konsumen untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari Giant dapat menimbulkan keuntungan untuk Giant, karena dengan memberikan pelayanan terhadap konsumen yang baik maka dapat menghasilkan konsumen yang loyal sehingga juga dapat disimpulkan bahwa consumer service di Giant mempengaruhi customer loyalty. |