Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat loyalitas merek yang meliputi switcher, habitual buyer, satisfied buyer, liking of the brand, dan commited buyer pada produk perawatan wajah merek POND’S dengan responden 96 mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Adapun metode yang digunakan dalam analisis ini adalah analisis deskriptif dengan hasil perhitungan switcher adalah 2,08%. habitual buyer adalah 39,23%. satisfied buyer adalah 48,26%, liking of the brand adalah 42,70%, commited buyer adalah 23,61%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pada penelitian ini merek POND’S membentuk piramida loyalitas merek terbalik karena bentuk piramida semakin keatas semakin melebar yang artinya memiliki brand equity yang cukup baik, meskipun pada tingkatan liking of the brand dan commited buyer jumlahnya mulai mengecil. Berdasarkan hasil penelitian maka sebaiknya perusahaan menjaga kedekatan dengan konsumen secara berkesinambungan, mengatasi biaya peralihan (switching cost) yang dapat menyulitkan konsumen untuk berpindah merek, serta memberikan imbalan atas loyalitas konsumen terhadap produk perawatan wajah merek POND’S. |