Konsep diri merupakan gambaran individu terhadap dirinya yang meliputi pandangan tentang kelebihan dan kekurangan diri, berdasarkan penilaian/kepuasan dan perilaku individu pada diri: fisik, moral etis, personal,keluarga, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran konsep diri siswa kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian. Instrumen konsep diri terdiri dari 80 pernyataan yang telah diujicobakan. Sebanyak 45 pernyataan dinyatakan valid. Pernyataan-pernyataan tersebut valid karena r hitung lebih besar dari r tabel 0,339 pada taraf signifikansi 5% setelah pernyataan yang tidak valid dibuang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsep diri siswa kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang berada dalam tingkat kategori positif. Kategori ini terlihat pada tabel 4 yang menunjukkan terdapat 17 siswa (53.1%) berada dalam tingkat kategori positif. Minoritas siswa kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang berada dalam tingkat kategori konsep diri sedang. Kategori ini terlihat pada tabel 4 yang menunjukkan terdapat seorang siswa (3.1%) berada dalam tingkat kategori sedang. Saran penulis bagi guru pembimbing SMP Kristen Mawar Saron Tangerang hendaknya membuat program layanan bimbingan yang dapat memfasilitasi siswa membentuk konsep diri yang positif. Program tersebut diharapkan dapat melibat semua pihak, utamnya orang tua dan teman sebaya agar pencapaian hasil lebih optimal. Saran bagi mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unika Atma Jaya, khususnya peminatan pendidikan dan yang hendak berkarya di sekolah diharapkan sedini mungkin mampu mempersiapkan diri membimbing dan mendampingi siswa. Konsep diri siswa merupakan faktor penting yang hendaknya mendapat perhatian para mahasiswa mengingat peran konsep diri sangat berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan. Saran bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut, utamnya untuk memperluas kerterkaitan atau pengaruh konsep diri pada variabel yang lain pada diri remaja. |