Anda belum login :: 22 Jul 2025 13:01 WIB
Detail Koleksi
BukuPeningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Penerapan PAKEM pada Mata Pelajaran IPS Kelas VB SDS Santa Maria Fatima Jakarta Timur
Bibliografi
Author: MARCELINA, LUDOVIQUE CINDY ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Motivasi Belajar; Penerapan PAKEM; Mata Pelajaran IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ludovique Cindy Marcelina's Undergraduate Theses.pdf (1,87MB; 52 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-158
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstrak
Motivasi belajar merupakan pendorong timbulnya kegiatan belajar seseorang (siswa) dan menjadi kekuatan dan penggerak bagi orang tersebut untuk mengarahkan dirinya mencapai tujuan atau memenuhi kebutuhannya (tujuan belajar). Motivasi belajar sangat penting bagi siswa, karena tujuan pendidikan akan mustahil berhasil bila siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar. Motivasi belajar mempunyai dua jenis, yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Ada beberapa bentuk motivasi yang dapat mengarahkan atau meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas antara lain: kebutuhan, keinginan, minat, pemikiran positif, tujuan belajar, situasi belajar, kemampuan guru mengajar, dan lain-lain. Agar motivasi belajar siswa dapat meningkat, maka diperlukan kegiatan pembelajaran yang semenarik mungkin bagi siswa. Dan, salah satunya adalah dengan menggunakan penerapan PAKEM dalam pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran IPS. Karena mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang membahas tentang konsep-konsep ilmu sosial, hubungan-hubungan sosial, institusi-institusi sosial, dengan demikian membantu siswa menyadari dirinya sebagai bagian dari masyarakat sosialnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VB SDS Santa Maria Fatima Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB, yang berjumlah 31 orang dan guru mata pelajaran IPS serta peneliti sendiri, yang terlibat dalam proses pembelajaran selama dua kali melaksanakan siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VB dapat meningkat dengan menggunakan penerapan PAKEM dalam proses pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa setelah mengalami siklus dapat meningkat. Meningkatnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa perbandingan antara motivasi belajar siswa sebelum mengalami siklus dan sesudah mengalami siklus pembelajaran dengan menggunakan penerapan PAKEM adalah: 1.Pada motivasi belajar intrinsik sebelum siklus, hasil persentase yang diperoleh adalah 69% dengan frekuensi 21 dan sesudah siklus meningkat menjadi 94% dengan frekuensi 29. 2.Pada motivasi belajar ekstrinsik sebelum siklus, hasil persentase yang diperoleh adalah 74% dengan frekuensi 23 dan sesudah siklus meningkat menjadi 91% dengan frekuensi 28. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar intrinsik mengalami peningkatan lebih tinggi daripada motivasi belajar ekstrinsik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan motivasi guru dalam melaksankan pembelajaran di kelas dengan menggunakan penerapan PAKEM, sebab dengan menggunakan penerapan PAKEM dalam melaksanakan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0,09375 second(s)