Anda belum login :: 05 Jun 2025 00:48 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendidikan Untuk Semua, Suatu Telaah Pada Kebijakan Pendidikan Inklusi.
Oleh:
Widyawati, Yapina
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 6 no. 2 (Oct. 2008)
,
page 76-90.
Topik:
Pendidikan Inklusi
;
Guru
;
Rasa Diri Mampu
;
ABK
;
Fulltext:
Yapina.pdf
(149.25KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran penerapan sistem pendidikan inklusi. dalam penelitian ini ditelaah hal-hal yang sudah dilakukan guru dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan kebijakan tersebut. Selain itu dilihat pandangan guru trehadap kemampuan dirinya untuk mengajar ABK di kelas regular. Sampel terdiri dari guru SD Negeri inklusi di setiap wilayah DKI Jakarta. Dari hasil penelitian tampak bahwa pada umumnya guru memiliki rasa diri mampu yang cenderung tinggi. Namun demikian, dalam analisa tambahan dengan pendekatan kualitatif tampak guru menghadapi berbagai kendala. pembuat kebijakan diharapkan membuat satu sekolah model penerapan inklusi yang terus menerus dibina. dengan model diharapkan sekolah yang ditunjuk lainnya dapat mempunyai gambaran lebih jelas tentang sistem tersebut. Selain itu pemerintah menyediakan fasilitas, baik untuk akses ke sekolah maupun untuk proses pembelajaran ABK. Sekolah diharapkan juga menjadi mandiri. jejaring dapat di buat dengan SLB, perguruan tinggi, dan orang tua. Diskusi reguler dengan guru dari SLB, maupun narasumber dari perguruan tinggi dapat menjadi alternatif sumber informasi bagi penanganan ABK.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)