Untuk memilih suatu produk atau jasa, kualitas adalah faktor dasar yang mempengaruhi konsumen, dan untuk dapat bertahan di industri tertentu, penyedia produk atau jasa harus meningkatkan service quality. Service quality yang baik bisa menjadi salah satu keunggulan kompetitif dalam persaingan, dimana para konsumen akan merasa nyaman dan memiliki pandangan positif terhadap perusahaan. Setelah konsumen memiliki pandangan yang positif tentang perusahaan maka konsumen akan lebih percaya terhadap perusahaan dan terciptalah emotional brand perusahaan yang menjadi keunggulan kompetitif untuk perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap emotional brand yang dimediasi oleh emotional attachment pelanggan Starbucks. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 185 responden di Starbucks coffee shop Plaza Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode systematic random sampling, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Dari hasil penelitian ini diketahui adanya pengaruh langsung service quality terhadap emotional brand, dan pengaruh secara tidak langsung service quality terhadap emotional brand yang di mediasi oleh emotional attachment |