Di dalam menghadapi persaingan usaha yang cukup ketat saat ini, suatu perusahaan tidak cukup hanya dengan menawarkan produk dengan kualitas baik, promosi yang menarik, dan pelayanan lainnya yang menarik minat beli konsumen.Perusahaan juga harus dapat menciptakan brand image yang kuat di benak konsumen. Peranan brand image sangat penting bagi perusahaan untuk mempengaruhi konsumen didalam pengambilan keputusan pembelian dan menarik lebih banyak pelanggan maupun konsumen baru untuk tertarik membeli produk tersebut. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian mengenai analisis pengaruh brand image sepatu olahraga Nike terhadap keputusan pembeli dimana responden adalah konsumen sepatu olahraga Nike di Senayan City. Berdasarkan penelitian yang dianalisis dan diolah menggunakan mean score dan regresi linier sederhana, diketahui bahwa terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 53,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan menggunakan uji hipotesis dapat diketahui pula bahwa terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian. Atribut brand image yang paling menonjol menurut responden adalah harga sepatu olahraga Nike sesuai dengan kualitas yang diberikan. |