Saat ini PT. Astra Honda Motor merupakan produsen sepeda motor dengan jenis mesin 4 langkah di Indonesia dengan merek Honda. Selama ini sepeda motor Honda selalu menguasai sebagian pangsa pasar penjualan sepeda motor. Walaupun selalu menjadi market leader, secara perlahan-lahan pangsa pasarnya semakin berkurang akibat banyaknya "pemain" dalam segmen pasar yang sama. Dengan situasi yang dihadapi saat ini oleh PT. Astra Honda Motor, maka dibutuhkan suatu instrumen untuk menganalisis situasi yang ada. Analisis SWOT-lah yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Untuk menganalisis situasi yang ada, maka penulis melakukan penelitian. Adapun penelitian yang dilakukan melalui peninjauan lansung ke tempat-tempat seperti dealer resmi Honda, Yamaha dan Suzuki, layanan penjualan suku cadang resmi Honda, pengamatan langsung terhadap pengguna sepeda motor. Selain riset lapangan, penulis juga melakukan riset kepustakaan seperti pengumpulan data-data dari perpustakaan, Pusat Informasi Kompas dan berbagai website yang berhubungan dengan bidang yang diteliti. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa posisi PT. Astra Honda Motor sebagai market leader dalam jangka pendek belum tergoyahkan. Namun, untuk jangka panjang posisi tersebut dapat direbut oleh pesaing, sebab saat ini banyak pesaing dengan sumber daya kuat yang senantiasa berusaha melakukan terobosan di berbagai bidang agar dapat menjadi yang terdepan dalam penjualan. |