Setiap perusahaan menginginkan konsumen agar memiliki kesadaran akan merek (brand awareness) dari produk yang dipasarkannya. Seorang konsumen akan melalui beberapa tingkatan dalam brand awereness. Perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mendapatkan merek sebagai top of mind pada konsumen, yang adalah tingkat tertinggi dari brand awereness. Salah satu kegiatan promosi tersebut dilakukan melalui iklan dengan media yang paling efektif saai ini, yaitu televisi (TV). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan membahas children’s brand recognition dan brand recall terhadap iklan TV pasta gigi Kodomo. Penelitian menggunakan model VIEW (visibility, information, emotional appeals, dan workability) yang biasanya diterapkan untuk menilai suatu kemasan sebagai dimensi dari variabel yang diteliti. Penulis melakukan observasi yang ditunjang dengan wawancara interaktif serta pembagian kuesioner dengan anak-anak di dua sekolah, yaitu Sekolah Berstandar Internasional Islamic Village (Karawaci) dan sekolah Santa Ursula (Bumi Serpong Damai). Hasil observasi menunjukkan bahwa semakin dewasa anak-anak, maka kemampuan untuk recognize dan recall semakin baik. Artinya anak –anak pada tahap yang lebih dewasa dapat mengakui dan mengingat lebih banyak gambar atau warna dan memiliki pemahaman terhadap produk dan merek yang lebih baik. |