Anda belum login :: 23 Jul 2025 22:58 WIB
Detail
BukuPeningkatan Keterampilan Sosial Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif pada Pelajaran IPS Kelas IV SD TARAKANITA Citra Raya
Bibliografi
Author: H, ANASTASIA DESY ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Keterampilan sosial; pembelajaran kooperatif; siswa kelas IV SD; pelajaran IPS; SD TARAKANITA Citra Raya
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Anastasia Desy Hizmiati's.Undergraduate Theses.pdf (168.11KB; 25 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-155
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keterampilan sosial merupakan keterampilan dalam berinteraksi dengan orang lain dimana perilaku yang dilakukan agar diterima dalam pergaulan dan tidak dikucilkan. Keterampilan sosial dapat ditunjukan dengan siswa memiliki keterampilan dalam perilaku interpersonal, perilaku yang berhubungan dengan diri sendiri, perilaku yang berhubungan dengan kesuksesan akademis, penerimaan sebaya dan keterampilan dalam berkomunikasi. Keteramilan sosial dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode kooperatif dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah metode pembelajaran siswa belajar dalam kelompok yang biasanya terdiri dari empat orang siswa dengan latar belakang yang berbeda seperti tingkat kemampuan, jenis kelamin, latar belakang keluarga, suku dan lainnya. Guru mengelompokan siswa kelas IV SD dalam pembelajaran IPS. Siswa kelas IV SD berada pada tahap operasional konkrit. Siswa membutuhkan pengalaman langsung untuk mengembangkan kemampuan mereka. Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif siswa kelas IV SD Tarakanita Citra Raya. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV B dengan dibantu oleh observer yang berjumlah 34 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen dan observasi, hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan dideskripsikan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Adanya perubahan keterampilan sosial siswa dalam bekerja di dalam kelompok. 2. Terjadi peningkatan pada jumlah skor keterampilan sosial siswa pada aspek keterampilan komunikasi. 3. Peningkatan ini terjadi karena siswa melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan adanya arahan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif sebab siswa akan belajar melalui pengalaman secara langsung dalam berinteraksi dengan teman. Selain itu, guru juga perlu mengadakan penilaian dan memberikan penghargaan atas kinerja siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)