Anda belum login :: 07 Jun 2025 10:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD RICCI II Bintaro.
Bibliografi
Author:
MONES, ANSELINA MEAK
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Role playing
;
hasil belajar IPS
;
Siswa Kelas V SD
;
SD RICCI II Bintaro
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Anselina Meak Mones's Undergraduate Theses.pdf
(2.08MB;
7 download
)
Anselina Meak Mones-PENDUKUNG.pdf
(49.22KB;
4 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-154
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Role Playing adalah suatu aktivitas pembelajaran terencana yang dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang spesifik dan merupakan salah satu bentuk permainan pendidikan yang dipakai untuk menjelaskan peranan, sikap, tingkah laku, nilai dengan tujuan menghayati perasaan, sudut pandang dan cara berpikir orang lain. Role playing merupakan sebuah model pengajaran yang berasal dari demensi pendidikan individu maupun sosial. Model ini membantu siswa untuk menemukan makna pribadi dalam dunia sosial mereka dan membantu siswa mengeksplorasi masalah-masalah tentang hubungan antara manusia dengan cara memainkan peran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Ricci II Bintaro. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Katolik Ricci II Bintaro yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Guru kelas sebagai observer untuk menilai seluruh proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, hasil observasi, wawancara, lembar kesan siswa dan dokumentasi foto. Hasil evaluasi pekerjaan siswa dianalisis dengan cara menghitung rata-rata perolehan nilai setiap siklus untuk mengetahui peningkatan prestasi yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan analisis data penelitian bermain peran pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan nilai rata-rata kelas. Hasil ratarata siklus I 76,93 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,41. Perolehan hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran bermain peran ini dapat berhasil.
Lembar observasi digunakan untuk mengetahui penghayatan siswa dalam bermain peran dan sebagai umpan balik dan masukan bagi peneliti agar pembelajaran lebih baik lagi. Data observasi dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk kalimat. Data wawancara dianalisis dan dideskripsikan untuk mengetahui hal-hal yang yang berhubungan dengan model pembelajaran role playing. Dokumentasi foto digunakan sebagai bukti bahwa pembelajaran bermain peran telah dilaksanakan. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Siklus pertama dengan tema proklamasi kemerdekaan Indonesia diadakan satu kali pertemuan sedangkan siklus kedua tentang
mengidentifikasikan tokoh yang berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan diadakan dua kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Tujuan dari dua siklus ini agar siswa dapat menghayati semangat para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan siswa dapat memahami materi pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Hal ini dilakukan agar siswa mengalami langsung dengan cara bermain peran.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Ricci II Bintaro. Melalui model ini siswa dapat mengalami langsung dan menghayati peran tokoh yang dimainkan dan dapat menjiwai semangat patriotisme dalam kehidupan sehari-hari. Mengembangkan nilai-nilai pribadi dan orang lain, mengembangkan empati kepada tokoh yang mereka perankan. Jadi disarankan bagi guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat khususnya model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)