Anda belum login :: 19 Apr 2025 10:35 WIB
Detail
BukuUpaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD STRADA ST. MARIA Tangerang.
Bibliografi
Author: HANDAYANIE, DEVIE ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Aktivitas belajar siswa; Model Kooperatif; Kelas IV SD; SD STRADA ST. MARIA Tangerang.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Inviolata Karmela M N's Undergraduate Theses.pdf (214.96KB; 27 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-151
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Aktivitas belajar merupakan segala kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi (guru dan siswa) dalam rangka mencapai tujuan belajar. Aktivitas yang dimaksudkan di sini penekanannya adalah pada siswa, sebab dengan adanya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran terciptalah situasi belajar aktif. Belajar aktif adalah suatu sistem belajar mengajar yang menekankan keaktifan siswa secara fisik, mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor . Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Sistem pengajaran kooperatif dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/ belajar kelompok yang terstruktur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom action research). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Strada St. Maria Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa- siswi SD kelas IV sebanyak 44 orang , yang terdiri dari 22 laki-laki dan 22 perempuan, satu orang guru sebagai peneliti, dibantu oleh observer dan pengambilan gambar. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan masing-masing satu pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Misalnya anak dapat berpartisipasi didalam kerja kelompok dan presentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik, dan lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif. Siswa dapat belajar untuk menentukan sikap dengan menghargai dan saling menerima kekurangan dan kelebihan teman. Siswa juga cenderung mengalami peningkatan baik dalam kerja kelompok, dan cara siswa mengungkapkan pendapat baik lisan maupun tulisan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru memiliki kemampuan untuk merancang aktivitas belajar siswa dan menerapkan model kooperatif yang menarik siswa untuk belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)