Anda belum login :: 06 Jun 2025 17:14 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung dengan Metode Latihan pada Siswa Kelas II SD TUNAS KARYA Jakarta
Bibliografi
Author: WARISAL, RIBKA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Menulis tegak bersambung; metode latihan; Siswa Kelas II SD; SD TUNAS KARYA Jakarta
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ribka Warisal's Undergraduate Theses.pdf (344.68KB; 36 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-149
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Menulis tegak bersambung merupakan salah satu keterampilan yang terdapat pada empat aspek pembelajaran Bahasa Indonesia dengan cara menggabungkan huruf demi huruf, sehingga membentuk suatu kata dan kalimat. Menulis tegak bersambung membutuhkan sebuah kesabaran dan ketekunan pada saat melakukannya. Menulis tegak bersambung masih tetap diperlukan untuk pengisian formulir terutama pada saat pelajaran Bahasa Indonesia. Metode latihan adalah suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan dengan terus menerus. Hal ini dapat menunjang meningkatnya dalam keterampilan menulis. Tujuan metode latihan ini adalah memiliki keterampilan motorik/gerak, mengembangkan kecakapan intelek, memiliki kemampuan hubungkan sesuatu keadaan dengan hal lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak
bersambung siswa kelas II SD Tunas Karya Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas II dan guru sekaligus sebagai peneliti dan observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes yang berupa hasil kerja siswa dan observasi.
Hasil dalam penelitian adalah meliputi tiga siklus menulis tegak bersambung dan penggunaan metode latihan. Hasil dalam penelitian ini dilihat dari siklus yang dilaksanakan adalah (1) siklus I menulis kalimat dengan tegak bersambung menggunakan kertas bergaris lima, (2) siklus II menyalin dan mendikte kalimat dan paragraf dengan tegak bersambung menggunakan kertas bergaris tiga, (3) siklus III mendikte kalimat dan paragraf dengan tegak bersambung menggunakan kertas bergaris biasa. Hasil menulis siswa dilihat dari lima aspek, yaitu ketepatan bentuk huruf, ketepatan ukuran huruf, kesalahan penggunaan huruf besar, kelengkapan huruf pada kata dan kesalahan tanda baca. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil menulis siswa dari siklus I sampai siklus III meningkat dengan menggunakan metode latihan yang dilakukan secara terus menerus.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar siswa sering berlatih menulis tegak bersambung, bagi guru kelas II agar menggunakan metode latihan dalam menulis tegak bersambung secara bertahap. Bagi sekolah memantau guru kelas I dan II dengan memberikan latihan menulis tegak bersambung sehingga tulisan siswa di kelas awal sesuai standar baku. Selain itu, bagi peneliti agar mengaplikasikan langkah-langkah sebelum siswa menulis tegak bersambung.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)