Teknik scanning merupakan salah satu teknik dalam keterampilan membaca untuk mendapatkan informasi yang detail dari suatu bacaan dengan cara membaca secara lompat (pola S atau zigzag). Dalam penelitian ini informasi yang diperoleh mengenai informasi cerita rakyat Hikayat Tanjung Lesung dan Batu Batangkup. Cerita rakyat adalah cerita yang mengisahkan tentang kejadian asal muasal suatu tempat (legenda), kisah tentang binatang (fabel), dan cerita tentang dewa-dewa atau makhluk luar biasa zaman dahulu (mitos). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan informasi dari bacaan cerita rakyat melalui penerapan teknik scanning pada siswa kelas V SD, Strada Santa Maria Tangerang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus satu kali pertemuan dan mempunyai empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I peneliti melatih siswa untuk membaca dengan pola S atau zigzag dengan melompat 2-3 baris, sedangkan pada siklus II peneliti melatih siswa untuk membaca dengan pola S atau zigzag melompat 3-4 baris. Hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1. Penerapan teknik scanning membantu siswa dalam mendapatkan informasi dari bacaan cerita rakyat. 2. Penerapan teknik scanning dapat dilakukan dengan pola S atau zigzag pada siklus I membaca lompat 2-3 baris, sedangkan siklus II membaca lompat 3-4 baris. 3. Informasi cerita rakyat meliputi, antara lain: nama tokoh, benda, binatang, tempat, waktu, warna serta jumlah. 4. Peningkatan informasi cerita rakyat dapat dilihat dari jumlah nilai rata-rata kelas Vc SD. Strada Santa Maria Tangerang, pada siklus I ke siklus II sebesar 3,48%. Pada siklus I rata-rata atau jumlah yang menjawab benar sebesar (83,02%), sedangkan siklus II (86,5%) Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya pelatihan guru untuk peningkatan informasi yang dapat diperoleh oleh siswa dari bacaan cerita rakyat dengan menggunakan teknik scanning, sehingga informasi yang diperoleh siswa dari bacaan tersebut dapat meningkat. Selain itu juga teknik scanning dapat digunakan sebagai salah satu teknik dalam keterampilan membaca. |