Anda belum login :: 25 Jul 2025 09:03 WIB
Detail
BukuPeningkatan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Tumbuhan Dengan Menggunakan Media Benda Nyata Pada Siswa Kelas III A SD TARAKANITA 3 Jakarta Selatan
Bibliografi
Author: ARDHIANTARI, FLORENTINE DASIH ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor); Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Hasil belajar IPA; media benda nyata; Siswa Kelas III SD; SD TARAKANITA 3 Jakarta Selatan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Florentine Dasih Ardhiantari's Undergraduate Theses.pdf (894.64KB; 13 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-143
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Hasil belajar adalah suatu tingkat keberhasilan siswa untuk menguasai pengetahuan, sikap dan ketrampilan siswa pada tiap bidang studi atau kegiatan dan hasilnya dapat dilihat pada nilai tes yang merupakan peningkatan hasil belajar. Media benda nyata adalah media atau alat yang berada di sekitar kita yang dapat digunakan dalam pembelajaran sehingga diharapkan membantu memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi dari pengirim ke penerima informasi, yang dimaksud disini adalah guru kepada siswa. Media benda nyata dalam pembelajaran dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran dan membuat siswa merasa senang terhadap IPA, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Berdasarkan hasil belajar pada siswa kelas III A pada materi perkembangan tumbuhan, terlihat rata-rata nilai yang diperoleh di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 65. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang lebih sering digunakan guru selama ini adalah metode ceramah. Selain itu media yang digunakan lebih banyak berupa media gambar yang ada pada buku cetak.
Dalam proses pembelajaran, guru dapat memanfaatkan media yang bervariasi. Salah satunya adalah media benda nyata. Penggunaan media benda nyata dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA. Berdasarkan alasan di atas maka dilakukan penelitian mengenai meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III A melalui penggunaan media benda nyata. Pembelajaran IPA dengan media benda nyata dilakukan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk peningkatan hasil belajar IPA materi penggolongan tumbuhan dengan menggunakan media benda nyata, yang dilakukan dalam 3 siklus. Pada proses pembelajaran disetiap siklus siswa melakukan pengamatan dan mengerjakan LKS untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penggunaan media benda nyata yaitu tumbuhan berbunga dan tidak berbunga, biji monokotil dan biji dikotil, serta macam-macam akar tumbuhan. Berdasarkan test yang dilakukan kepada siswa maka pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. Pada siklus 1 sebesar 67% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Pada siklus 2 sebesar 89% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Serta pada siklus 3 sebesar 100% semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Dalam penelitian ini diharapkan guru dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media yang ada di sekitar siswa untuk pembelajaran IPA terutama materi penggolongan tumbuhan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)