Anda belum login :: 24 Jul 2025 06:53 WIB
Detail
BukuPenggunaan Metode Membaca SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD TUNAS KARYA Sunter.
Bibliografi
Author: APRILLIA, FRANSISKA VELLI ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Metode membaca SQ3R; kemampuan membaca pemahaman; Siswa Kelas III SD; SD TUNAS KARYA Sunter
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-142
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan membaca teliti, dimana dalam membaca merujuk kepada jenis kegiatan membaca dalam hati yang dilakukan untuk memperoleh pengertian tentang sesuatu atau untuk tujuan belajar sehingga memperoleh wawasan yang lebih luas tentang suatu yang dibaca. Metode SQ3R adalah metode membaca yang di dalamnya terdapat lima langkah yaitu Survei, Question, Read, Recite dan Review yang membantu siswa dalam proses peningkatan pemahaman membaca dengan menggunakan kelima langkah tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah peneliti, guru kelas selaku observer dan siswa-siswi kelas III SD Tunas Karya Sunter, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca pemahaman (menggunakan metode membaca SQ3R) dengan menggunakan langkah-langkah metode membaca SQ3R, yaitu dengan melihat gambaran umum (Survey), mengajukan pertanyaan sebagai tujuan membaca (Question), membaca teks bacaan (Read), menjawab pertanyaan yang ada pada langkah kedua (Recite), dan mengulang kembali pertanyaan dan jawaban yang telah dibahas bersama (Review).
Pada siklus kedua merupakan penguatan pada siklus pertama, dimana peneliti memfokuskan pada langkah pelaksanaan untuk meningkatkan membaca pemahaman menjadi lebih baik.Dari kedua siklus pembelajaran yang dilaksanakan terdapat peningkatan pada hasil belajar dari setiap siklus pembelajaran. Metode membaca SQ3R dari penelitian ini diharapkan dapat terus dikembangkan dengan pembelajaran yang menarik dan digunakan untuk membaca pemahaman di kelas III SD, karena membaca pemahaman dengan menggunakan metode membaca SQ3R membantu siswa dalam memahami teks bacaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)