Anda belum login :: 22 Jul 2025 21:53 WIB
Detail
BukuPerilaku Tiga Remaja Putra yang Kecanduan Game Online Ditinjau dari Tipe Identitas Diri
Bibliografi
Author: TRIASTUTI, HENNY ; Wanei, Gerda K. (Advisor)
Topik: Identitas Diri; Kecanduan Game Online; Game Online
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Henny Triastuti's Undergraduate Theses.pdf (954.68KB; 69 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-434
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Identitas merupakan suatu ciri atau kekhasan yang menunjukkan individu. Identitas juga menunjukkan individu yang memiliki perbedaan dengan individu lainnya. Identitas diri adalah sikap individu menempatkan diri dalam dunia sosial. Identitas diri juga diartikan sebagai suatu sikap integratif individu dengan laingkungannya. Kecanduan didefinisikan sebagai kejangkitan pada suatu kegemaran secara berlebihan sehingga membuat seseorang melupakan hal yang lain. Kecanduan game online adalah perilaku secara berlebihan yang sangat bergantung pada permainan online. Orang yang kecanduan game online dapat bermain game selama berjam-jam bahkan berhari-hari tanpa tidur. Ada empat tipe identitas diri yaitu (1) Identity Diffusion merupakan suatu status di mana individu belum memiliki pilihan atas keinginan dan belum ada upaya dalam diri untuk membuat komitmen; (2) Identity Foreclosure merupakan suatu status di mana individu memiliki sedikit komitmen terhadap sejumlah peran, nilai, dan cita-cita di masa depan; (3) Identity Moratorium merupakan suatu status di mana individu mulai melihat kemungkinan pilihan-pilihan dalam hidupnya untuk masa depan; dan (4) Identity Achievement merupakan suatu situasi yang membuat individu mampu untuk membuat keputusan akan masa depannya dan berani untuk menjalankan pilihannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap subjek penelitian, teman sebaya, guru BK, dan orang tua yang kemudian terangkum dalam hasil interpretasi observasi dan verbatim wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang dikategorikan dalam metode penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mengetahui tipe identitas diri perilaku tiga remaja putra yang kecanduan game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja putra yang mengalami kecanduan game online memiliki beberapa tipe identitas diri. Tipe identitas diri tiga remaja putra yang memiliki perilaku kecanduan game online yaitu identity diffusion, identity moratorium, dan identity achievement. Saran yang dapat peneliti berikan untuk Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unika Atma Jaya yaitu agar dapat memberikan informasi kepada calon konselor tentang perilaku remaja yang kecanduan game online. Saran juga diberikan kepada guru Bimbingan dan Konseling di sekolah agar dapat memantau para siswa melalui konseling kelompok agar dapat berkomitmen terhadap kewajibannya sebagai pelajar dengan meninjau dari tipe identitas diri yang dimiliki siswa tersebut.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)