Anda belum login :: 16 Apr 2025 19:52 WIB
Detail
BukuMeningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunaan Alat Peraga pada Topik Sistem Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V SD BUNDA MULIA Jakarta
Bibliografi
Author: NABABAN, RINA MARIANA ; CARLA LUCIA WANTANIA (Advisor)
Topik: Hasil Belajar; Alat Peraga; IPA; Sistem Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V SD BUNDA MULIA Jakarta
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-133
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perubahan paradigma pendidikan yang sedang berlangsung saat ini berlangsung secara sinergi dimulai dari pihak pemerintah pemegang otoritas kebijakan yang diteruskan pada sekolah dan guru sebagai ujung tombak operasional pendidikan . Guru perlu merubah sikap dan pola pembelajaran yang dilakukan karena selama ini belum mampu menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas dalam menghasilkan siswa yang berprestasi. Siswa yang berprestasi dapat dilihat dengan hasil belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Bunda Mulia dengan menggunaan alat peraga pada topik sistem pencernaan manusia . Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif menetap dalam diri seseorang sebagai akibat dari interaksi seseorang dengan lingkungannya. Hasil belajar IPA bertujuan mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran IPA yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran IPA akan lebih bermakna jika menggunakan alat peraga.
Alat peraga merupakan media pengajaran yang mengandung atau membawakan ciri – ciri dari konsep yang dipelajari . Alat peraga IPA adalah seperangkat alat konkret yang dirancang , dibuat , atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep – konsep atau prinsip – prinsip dalam IPA
IPA adalah program untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai ilmiah pada siswa serta rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. IPA merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan , gagasan dan konsep yang terorganisir tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan , penyusunan dan pengujian gagasan- gagasan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Bunda Mulia yang berjumlah 26 siswa dan guru sebagai peneliti dibantu oleh seorang guru sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus satu kali pertemuan dan mempunyai empat tahap utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata pre-tes 28,46 dan nilai rata-rata pos-tes 70,84, sedangkan pada siklus II, nilai ratarata pre-tes 43,88 dan nilai rata-rata pos-tes 71,42. Selain itu, hasil angket dan wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti pelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya guru dapat merancang pembelajaran yang menggunakan alat peraga sehingga tercipta suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Selain itu, sebaiknya siswa pun diberi kesempatan untuk aktif berpendapat, bersikap kritis dalam pembelajaran di kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)