Anda belum login :: 02 May 2025 15:03 WIB
Detail
BukuRencana Bisnis NATHANIA TOUR Organizer
Bibliografi
Author: PARASIAN, TOGI MAROLOP ; Masak, Tanete A. Pong (Advisor)
Topik: Bisnis; Perjalanan wisata; NATHANIA TOUR Organizer; CV. Nathania Jinxiu Ekspresindo
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Togi Marolop Parasian's Undergraduate Theses.pdf (1.62MB; 68 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1686
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perjalanan wisata telah menjadi kebutuhan manusia yang cukup penting. Selain kebutuhan seperti sandang, pangan, dan papan, kebutuhan lain adalah kesehatan, pendidikan, dan hiburan. Perjalanan wisata dilakukan manusia untuk melepaskan kepenatan akan rutinitasnya sehari-hari. Wisata bahkan dewasa ini telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Nathania Tour Organizer akan dikembangkan khusus untuk menangani paket wisata berombongan besar diatas 40 orang, dan khusus melayani perjalanan wisata domestik sekaligus event organizer. Sehingga dapat dikatakan bahwa
Nathania adalah sebuah tour organizer.
Pengertian dari tour organizer sendiri merupakan penggabungan dari tour operator, travel agency, dan event organizer. tour operator berarti biro perjalanan wisata, travel agency berarti agen perjalanan wisata, dan event organizer berarti penyedia jasa pengatur acara. Jadi arti dari tour organizer sendiri adalah sebuah biro dan agen perjalanan wisata yang menyediakan akomodasi dan fasilitas kegiatan berwisata yang sekaligus menyediakan kebutuhan perlengkapan program acara dan kebutuhan lainnya yang menyertai kegiatan berwisata tersebut. Nathania Tour Organizer didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tour organizer, yang pangsa pasarnya masih terbuka lebar. Nathania Tour Organizer akan didirikan dibawah naungan CV. Nathania Jinxiu Ekspresindo sebagai dasar ijin pendirian usaha.
Saat ini area jangkauan pemasaran perusahaan ini hanya di daerah DKI Jakarta. Dari 9.607.787 jiwa penduduk DKI Jakarta, usaha ini optimis akan meraih pasar sebanyak hampir 0.15% atau sebanyak 14.360 jiwa pertahun dalam asumsi pasar optimis, dan sekitar 0.11% atau sebanyak 10.660 jiwa pertahun dalam asumsi pasar normal Nathania Tour Organizer secara garis besar memiliki segmentasi pasar kelas menengah, dengan 2 kelompok target pasar utama pelanggan, yakni pelanggan korporasi dan pelanggan pelajar. Hal ini dikarenakan kedua kelompok ini memiliki intensitas untuk melakukan perjalanan wisata berombongan yang cukup tinggi.
Nathania Tour Organizer menyediakan paket FATIGON ( family gathering team building, dan outbond), paket rapat, dan paket bebas untuk pelanggan tipe korporasi. Untuk pelanggan tipe pelajar Nathania Tour Organizer menyediakan paket studi tour, acara perpisahan, dan paket bebas. Ragam daerah tujuan wisata yang dimiliki paket wisata yang ditawarkan oleh Nathania Tour Organizer baru sebatas pada area Pulau Jawa, Bali, dan Lombok. Untuk dimasa yang akan datang akan dikembangkan ke daerah lainnya. Seluruh kegiatan perjalanan wisata dilaksanakan dengan menggunakan moda transportasi bus pariwisata. Hal ini dikarenakan bus dapat menampung banyak peserta, dan cakupan daerah wisata dari nathania tour yang masih belum terlampau jauh untuk dijangkau oleh bus. Selain itu untuk menekan biaya perjalanan untuk mendapatkan harga jual serendah mungkin agar dapat terjangkau calon pelanggan Nathania Tour Organizer. Kegiatan promosi utama dari Nathania Tour Organizer adalah pada pemasaran langsung. Agen marketing Nathania Tour Organizer secara langsung mengunjungi calon pelanggan untuk menawarkan paket wisata. Selain itu promosi xiv
dilakukan dengan menggunakan media brosur, selebaran, dan media internet. Oleh karena itu Nathania Tour Organizer tidak memerlukan kantor yang besar dan tidak perlu berada di tengah-tengah kota, oleh karena itu modal yang diperlukan dapat ditekan seminim mungkin. Kenyamanan dan kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama dari
nathania tour organizer. Selain itu Nathania Tour Organizer menyediakan paket yang beragam demi pemenuhan kebutuhan pelanggan. Harga yang Nathania Tour Organizer tawarkan pun cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan pelanggan.
Jumlah karyawan di Nathania Tour Organizer adalah 8 orang pegawai tetap, terdiri dari 1 orang direktur, 1 orang manajer keuangan, 1 orang manajer tur, 1 orang manajer humas dan pemasaran, 1 staf administrasi, 1 head tour leader,1 staf pemasaran, dan 1 office boy. Untuk tenaga tour guide dan tour leader Nathania Tour Organizer mempekerjakan tenaga harian. Seluruh jajaran karyawan akan di ikut sertakan dalam seminar dan pelatihan minimal sekali dalam setahun untuk menjamin kualitas pelayanan dan profesionalitas dalam bekerja. Jam operasional kantor Nathania Tour Organizer adalah Senin-Kamis
Nathania Tour Organizers buka pukul 08.30-17.00, Jumat buka pukul 08.30-17.30, dan Sabtu pukul 09.00-13.00, dan Minggu libur.
Dalam pembuatan paket wisata, manajer tour berkoordinasi dengan head tour leader dan direktur. Ketiganya dituntut untuk merancang paket yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan peka terhadap perubahan tren pasar untuk dapat menciptakan paket baru. Pada paket bebas mereka juga dituntut untuk secara cepat dapat menyanggupi ketersediaan seluruh permintaan khusus dari calon pelanggan dan memperhitungkan harga jual dari paket bebas. Evaluasi dilakukan terhadap pelanggan setelah kegiatan perjalanan wisata selesai dilaksanakan guna mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dan
mengadakan perbaikan terhadap keluhan pelanggan. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan cara menyebarkan lembar isian pertanyaan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan untuk terus menerus dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan memuaskan.
Inovasi yang dilakukan antara lain dengan menambah area pemasaran dan area cakupan tujuan wisata. Selain itu melakukan perluasan jaringan kerjasama dengan pihak hotel, bus, dan restoran. Inovasi juga dilakukan terhadap kegiatan promosi guna dapat terus memikat dan menjaring calon pelanggan. Modal investasi awal yang diperlukan adalah Rp. 66.500.000, dan biaya tetap sebesar Rp 232.707.000/tahun. Investasi awal yang diperlukan tidak terlalu besar, hal ini dikarenakan perusahaan ini hanya memerlukan sedikit inventaris kantor dan biaya promosi/iklan yang kecil.
Dari segi keuangan Nathania Tour Organizer optimis membukukan keuntungan antara Rp 1.344.693.875 – Rp 935.500.125 pertahun, dengan mengambil profit margin 6,55% - 7,43% pertahun. Namun angka tersebut tidak dapat diperhitungkan 100% tercapai. Hal ini dikarenakan ada banyak kemungkinan terjadinya perubahan situasi ekonomi, sosial, dan politik di masa depan. Akan tetapi melihat margin keuntungan yang optimis dapat diraih, dan melihat peningkatan positif pertumbuhan ekonomi, sosial, dan politik yang terjadi saat ini, maka Nathania Tour Optimis untuk berdiri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)