Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah membuat dunia seolah-olah tanpa batas, sehingga tuntutan kecepatan menjadi semakin nyata. AirAsia melihat peluang bisnis ini dan membuat diferensiasi melalui konsep “Low Cost Carrier”. Namun persaingan aviasi yang begitu kompetitif membuat maskapai penerbangan AirAsia harus berusaha meningkatkan efektifitas perusahaannya. Merek menjadi salah satu kekuatan yang dapat digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan di mana merek melekat pada produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang digunakan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Kepercayaan merek adalah faktor yang mempengaruhi penciptaan loyalitas merek. Merek yang mampu memberikan kesan yang berarti bagi konsumen akan lebih mudah mendapat perhatian khusus dari konsumen. Dalam persaingan yang semakin ketat, maka mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Untuk dapat survive dalam lingkungan bisnis, salah satu caranya dengan menguatkan citra merek, membangun, memelihara, serta mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap merek sehingga tercipta loyalitas konsumen. Mempertahankan konsumen yang loyal sangat penting dalam memenangkan persaingan pasar. Menanggapi persaingan aviasi yang ketat, maskapai penerbangan AirAsia berjuang mendapatkan kepercayaan dari konsumen dengan menerapkan beberapa strategi yang akhirnya konsumen dapat memberikan kepercayaan mereka terhadap merek ini. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand trust (kepercayaan merek) terhadap loyalitas konsumen. Pengumpulan data primer melalui kuesioner dengan penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Data dianalisa dengan analisis kuantitatif deskriptif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, data frekuensi, skala Likert, dan regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Penelitian ini menghasilkan bahwa pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen sangat kuat, dan terdapat hubungan positif antara brand trust terhadap loyalitas konsumen maskapai penerbangan AirAsia. Semakin tinggi brand trust pada AirAsia, maka loyalitas konsumen terhadap AirAsia juga akan semakin tinggi. |