Anda belum login :: 08 Jun 2025 07:45 WIB
Detail
BukuAnalisis Strategi Bersaing PT. Cardig Logistics Indonesia dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif
Bibliografi
Author: SILITONGA, DIANA ROHANI ; Prasetyantoko, A. Ico Tri (Advisor)
Topik: Administrasi Bisnis; Ilmu Komunikasi; Strategi Bersaing; Keunggulan Kompetitif
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Diana Rohani Silitonga's Undergraduate Theses.pdf (2.48MB; 157 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1673
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Globalisasi yang terjadi di seluruh dunia, membuat persaingan yang terjadi di dalam bisnis semakin ketat. Kegiatan bisnis dalam era globalisasi ditandai dengan hilangnya batas-batas antar negara. Indonesia sebagai salah satu negara yang aktif dalam perdagangan internasional, turut serta melakukan suatu tindakan agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Hal ini pula yang dilakukan dalam bisnis jasa logistic yang berorientasi secara internasional. Jasa logistik merupakan salah satu aktivitas penting yang menunjang tingkat perekonomian suatu negara.
Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis jasa logistic yang meliputi pengiriman, penerimaan, penggudangan, dan pendistribusian, maka PT.Cardig Logistics Indonesia harus memiliki strategi yang tepat agar mampu bersaing dan mempertahankan kelangsungn hidup perusahaan dimana hal ini akan berdampak pada sustainability dan pencapaian keunggulan kompetitif perusahaan. Penerapan strategi suatu perusahaan akan dipengaruhi oleh lingkungan eksternal dan internalnya. Lingkungan eksternal terdiri dari lingkungan jauh, lingkungan industri, dan lingkungan operasi. Terdapat lima kekuatan dalam lingkungan industri yang dapat mempengaruhi perusahaan, yaitu pendatang baru, produk pengganti, pembeli, pemasok dan pesaing. Lingkungan eksternal tersebut akan memberikan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan. Lingkungan internal merupakan aktivitas dalam kendali organisasi yang prestasinya luar biasa baik atau buruk sehingga dapat menjadi kekuatan atau kelemahan perusahaan. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat maka perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan menggunakan kekuatannya serta mengantisipasi segala ancaman dan kelemahan yang dimiliki melalui penerapan strategi yang tepat mencapai sasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing apakah yang diterapkan oleh PT.Cardig Logistics Indonesia dalam mencapai keunggulan kompetitif perusahaan. Guna mendapatkan data-data yang diperlukan untuk penelitian ini, maka penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode kualitatif berupa teknik riset kepustakaan dengan penelitian dokumen dan studi kepustakaan, suatu riset lapangan dengan melakukan wawancara mendalam. Untuk teknik analisis data, penulis menggunakan metode
analisis kualitatif deskriptif untuk membaca data yang didapat dari lapangan dan memaparkan data yang telah diolah. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa PT.Cardig Logistics Indonesia menerapkan strategi fokus, penerapan strategi fokus ini terbukti tepat digunakan dalam meningkatkan revenue yang didapatkan oleh perusahaan dengan target pengiriman $ 410.000/tahun. Terbukti dengan adanya proyek-proyek besar baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri yang dikerjakan oleh PT.Cardig Logistics Indonesia. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa strategi bersaing yang diterapkan oleh PT.Cardig Logistics Indonesia tepat digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang jasa logistik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)