Anda belum login :: 16 Apr 2025 13:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbandingan Kinerja Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9001:2000 Dengan yang Tidak
Bibliografi
Author:
SUDARSONO, M PRIMASYAH
;
Sjarief, Julianti
(Advisor);
Baskoro, Josef Tjahjo
(Advisor)
Topik:
Perbandingan Kinerja
;
Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi
;
ISO 9001:2000
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2011
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Muhammad Primasyah Sudarsono's Undergraduate Theses.pdf
(941.78KB;
55 download
)
Muhammad Primansyah Sudarsono-PENDUKUNG.pdf
(28.79KB;
2 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-4557
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah kemampuan implementasi sertifikasi ISO 9001 dalam meningkatkan kinerja perusahaan. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dalam suatu system manajemen kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang/jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Penerapan ISO 9001 diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam kegiatan operasi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan atas produk yang dihasilkan perusahaan, melalui proses manajemen kualitas yang pada akhirnya akan meningkatan penjualan dan laba operasi perusahaan. Metode dalam penelitian ini adalah dengan melakukan perbandingan uji beda profitablitas perusahaan sebelum dan sesudah sertifikasi ISO 9001 untuk mengetahui pengaruh sertifikasi ISO 9001 terhadap profitabilitas perusahaan, dan kemudian memperbandingkan kembali hasil tersebut, dengan perusahaan yang tidak bersertifikasi ISO 9001 untuk mengetahui sejauh mana efektifitas sertifikasi ISO 9001 terhadap peningkatan kinerja perusahaan.
Dari hasil penelitian menunjukan sales growth pada perusahaan bersertifikasi ISO 9001 dengan yang tidak, terjadi peningkatan sales growth. Namun pada perusahaan bersertifikasi ISO 9001:2000 terdapat peningkatan sales growth yang signifikan atau lebih baik. Sedangkan net profit margin perusahaan bersertifikasi ISO 9001:2000 dengan yang tidak, terjadi penurunan net profit margin yang signifikan. Tidak terdapat perbedaan net profit margin antara kedua kelompok perusahaan tersebut. Terlihat bahwa sertifikasi ISO 9001 mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan adanya peningkatan penjualan, namun belum mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam kegiatan operasi perusahaan dengan adanya penurunan net profit margin. Oleh karena itu dengan adanya peningkatan penjualan pada perusahaan bersertifikasi ISO 9001 harus diiringi dengan efisiensi dan efektifitas dalam kegiatan operasi perusahaan, sehingga laba operasi perusahaan akan meningkat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)