Semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia berbanding lurus dengan kecelakaan lalu lintas dan kasus pencurian. Hal tersebut menyebabkan industri asuransi kendaraan bermotor semakin berkembang dari segi jumlah pelanggan, jumlah perusahaan dan inovasi produk. Kemudahan transaksi, jumlah premi dan klaim serta promosi produk menjadi faktor utama untuk menarik pelanggan. Klaim adalah tuntutan yang dapat diajukan tertanggung bila terjadi kecelakaan atau pencurian terhadap kendaraannya. Mengingat pentingnya fungsi pengajuan dan pembayaran klaim, maka harus dipastikan bahwa prosedur atas fungsi tersebut telah dijalankan sesuai secara efektif dan efisien. Penulis melakukan penelitian atas prosedur ini pada PT Asuransi Adira Dinamika, meliputi observasi, wawancara dengan manajer klaim dan pemeriksaan kelengkapan prosedur pengajuan dan pembayaran klaim. T ujuannya untuk memperoleh keyakinan bahwa prosedur pengajuan dan pembayaran klaim telah dijalankan sesuai dengan kebijakan perusahaan dan untuk menilai efektivitas dan efisiensi dari prosedur tersebut. Berdasarkan hasil analisa dan penilaian pada saat penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prosedur pengajuan dan pembayaran klaim telah berjalan secara efektif dan efisien. Namun masih terdapat beberapa kelemahan dan atas kelemahan tersebut penulis telah memberikan saran yang dapat dipergunakan oleh perusahaan. |