Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri bahwa merek (brand) merupakan salah satu faktor yang paling penting yang secara langsung mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi suatu perusahaan untuk mengelola ekuitas merek produknya untuk meningkatkan atribut keunggulan bersaing. Setiap perusahaan berusaha untuk mengedepankan citra produknya kepada konsumen salah satunya adalah dengan menggunakan merek. Merek merupakan aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan adanya merek, dapat membantu konsumen untuk mengingat suatu produk dan mempermudah pengambilan keputusan ketika melakukan pembelian. Apabila suatu produk memiliki ekuitas merek yang kuat, semakin kuat pula daya tarik konsumen untuk melakukan suatu proses keputusan pembelian terhadap produk tersebut. Penulis meneliti Toko Telur Asin Lina Pandi, sebuah usaha kecil di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang mana Kabupaten Brebes terkenal akan komoditas utamanya yang sangat khas yaitu telur asin. Adapun Toko Telur Asin Lina Pandi merupakan salah satu pengrajin / pengusaha telur asin yang memproduksi sendiri dan memasarkan produk unggulannya berupa telur asin baik yang matang maupun yang masih mentah. Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui tingkat ekuitas merek dari telur asin merek Lina Pandi, dan dari keempat indikatornya, yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, serta loyalitas merek, ingin diketahui variabel manakah yang paling mempengaruhi ekuitas merek tersebut. Untuk membantu penelitian ini, penulis menyebarkan kuesioner yang ditujukan kepada konsumen Toko Telur Asin Lina Pandi. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang dipilih secara tidak acak (nonprobability sampling) dengan metode convenience sampling. Setelah data terkumpul, penulis melakukan pengolahan data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan didukung program SPSS versi 15.0. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa responden setuju dengan keempat indikator ekuitas merek yang diciptakan dan dikelola oleh Toko Telur Asin Lina Pandi. Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa ekuitas merek Toko Telur Asin Lina Pandi adalah baik, dengan bantuan metode Overall Mean Score (OMS) diperoleh hasil sebesar 3,964 yang berarti rata-rata responden menjawab setuju untuk setiap pernyataan yang diberikan dalam kuesioner penelitian. Juga, dapat diketahui bahwa indikator yang paling mempengaruhi ekuitas merek telur asin Lina Pandi adalah loyalitas merek, yakni sebesar 4,022. Dengan demikian, Toko Telur Asin Lina Pandi terbukti telah berhasil menciptakan dan mengelola mereknya hingga saat penelitian ini dilakukan, dan menanamkan persepsi yang positif mengenai merek produk telur asin yang diproduksi sendiri di kalangan konsumen penikmat telur asin, khususnya dalam area regional dan sekitarnya. |