Anda belum login :: 16 Apr 2025 22:54 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Media Aural Terhadap Pembelian Tanpa Rencana oleh Pengunjung Toko Buku GRAMEDIA Matraman, Jakarta
Bibliografi
Author: ADINAYA, VINCENTIUS BAYU ; Sugioko, Sofian (Advisor)
Topik: media aural; musik; pembelian tanpa rencana; toko buku
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEM-6815
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media aural terhadap pembelian tanpa rencana yang dilakukan oleh pengunjung Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran penting media aural dalam kaitannya dengan desain atmospherics yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi berupa peningkatan penjualan Media aural merupakan media yang dapat ditangkap oleh indera pendengaran. Dalam hal ini, yang didengar oleh pengunjung adalah musik yang diputar selama pengunjung berbelanja dan dapat mempengaruhi emosi seseorang secara langsung.
Jika dikaitkan dengan penunjung, musik, sebagai media aural dapat membuat pengunjung nyaman dan menjadi lebih dalam berbelanja atau sekedar melihat-lihat. Pembelian tanpa rencana atau impulse buying memiliki ciri-ciri yang unik, yaitu terjadinya pembelian (pembayaran) atas suatu produk yang sebelumnya tidak direncanakan untuk dibeli. Hal-hal yang mempengaruhi ada banyak, dan media aural Penelitian ini menggunakan kuesioner yang kemudian respon dari responden diolah dengan menggunakan SPSS 17 sehingga menghasilkan data-data berbentuk tabel yang kemudian di-intepretasikan ke dalam bentuk kalimat dan kesimpulan sesuai dengan arah dan tujuan dari penelitian ini.
Responden sebanyak 100 orang dipilih dengan menggunakan metode sampling purposive, dimana responden adalah pengunjung yang telah melakukan transaksi pembelian yang didalamnya termasuk barang yang mereka beli tanpa rencana. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil analisismembuktikan bahwa media aural memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap pembelian tanpa rencana yang dilakukan oleh pengunjung Toko Buku Gramedia Matraman.
Nilai koefisien korelasi yang cukup tinggi menunjukkan bahwa sebagian besar pembelian tanpa rencana dipengaruhi oleh media aural, namun juga masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi pembelian tanpa rencana seseorang, baik itu berasal dari luar dirinya, maupun yang berasal dari dalam dirinya. Di samping itu, faktor budaya juga menjadi hambatan sebab banyak pengunjung yang datang hanya untuk membaca gratis buku-buku yang disukainya atau ingin dilihatnya.
Hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan pada populasi pengunjung secara luas sebab sampel yang digunakan sangat terbatas namun sudah mencukupi untuk dilaksnakannya penelitian ini. Lebih jauh, peneliti menyarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut yang lebih spesifik terhadap media aural dapat dikondisikan sedemikan rupa sehingga dapat mendukung kegiatan pemasaran Toko Buku Gramedia Matraman, Jakarta.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)