Pada fenomena persaingan iklan yang terjadi, terlihat menjamurnya iklan yang menggunakan selebritis dan model-model sebagai endorser produknya dalam menyampaikan pesan iklan kepada calon pembeli. Salah satunya adalah PT. Unilever Indonesia, Tbk. Komponen celebrity endorser yang dibahas dalam penelitian ini diantaranya attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli dan dimensi dari celebrity endorser (attractiveness, trustworthiness, dan expertise) yang paling dominan mempengaruhi minat beli, serta untuk mengetahui penilaian konsumen tentang kesesuaian antara citra produk dan citra selebriti. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 90 responden Mahasiswi aktif Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen angkatan 2006 di kampus Semanggi Unika Atma Jaya, Jakarta dengan menggunakan metode simple random sampling. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari celebrity endorser terhadap minat beli. Namun jika dilihat dari masing-masing dimensi celebrity endorser, diperoleh hasil bahwa terdapat satu variabel yang tidak signifikan terhadap minat beli, yaitu attractiveness, dan dua variabel yang signifikan yaitu, trustworthiness dan expertise. Dan Sandra Dewi sesuai menjadi bintang iklan sampo CLEAR. |