Persaingan produk di era globalisasi semakin marak, membuat perusahaan saling bersaing dan berlomba-lomba untuk dapat menarik perhatian para calon konsumen. Apabila perusahaan tidak mempunyai strategi yang jitu dalam menghadapi persaingan, maka produknya tidak akan mampu mendapat perhatian yang besar dari konsumen sehingga produk tersebut akan gagal di pasaran. Agar perusahaan dapat tetap bertahan, bersaing, dan menguasai pangsa pasar, perusahaan harus memperhatikan bagaimana cara membuat produk yang berkualitas sehingga membuat konsumen merasa puas serta dapat menumbuhkan loyalitas di benak konsumen. Selain itu, dalam memilih suatu produk, konsumen tidak hanya melihat produk dari segi kualitas saja, tetapi juga dari faktor yang lain, salah satunya adalah faktor kemasan. Sehubungan dengan hal ini, penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh produk Pocari Sweat kemasan botol ukuran 500ml terhadap minat beli konsumen. Untuk membantu penelitian tersebut, maka penulis menyebarkan kuesioner kepada 186 responden mahasiswa/mahasiswi Jurusan Manajemen aktif angkatan 2008 di kampus Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah pada uji statistik metode regresi linear berganda diperoleh nilai F hitung 59.346 dengan tingkat signifikansi 0,000. Hal ini berarti kemasan (daya tarik visual dan daya tarik praktis) secara bersama-sama mempengaruhi minat beli. Selain itu, dari hasil regresi linear berganda juga diperoleh nilai t hitung untuk daya tarik visual sebesar 6.163 dengan tingkat signifikansi 0.000 dan nilai t hitung untuk daya tarik praktis sebesar 2.532 dengan tingkat signifikansi 0.012, serta nilai Standardized Coefficients Beta untuk daya tarik visual sebesar 0.487 dan daya tarik praktis sebesar 0.200. Hal ini berarti secara individual daya tarik visual dan daya tarik praktis kemasan Pocari Sweat 500ml mempengaruhi minat beli konsumen, dan dimensi kemasan Pocari Sweat 500ml yang paling berpengaruh terhadap minat beli adalah daya tarik visual. |