Banyak cara dan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas konsumen. Ada beberapa strategi yang digunakan oleh para produsen untuk meningkatkan loyalitas seperti public relation dan brand image. Dengan adanya kondisi tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian untuk melihat adanya pengaruh dari public relation dan brand image terhadap loyalitas konsumen, khususnya untuk produk pepsodent. Penulis melakukan penelitian dengan cara mengadakan survey. Penulis mengambil sampel sebanyak 150 responden dan dengan instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner, dan disebarkan diperumahan Sunter Agung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reliabilitas dan validitas, uji hipotesis dengan Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil uji reliabilitas dan validitas, menunjukkan set variabel dalam penelitian ini mempunyai reliabilitas dan validitas yang baik. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan SEM, dapat disimpulkan bahwa public relation mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen pepsodent, namun pengaruh tersebut bersifat negatif terhadap loyalitas konsumen pepsodent sedangkan brand image mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pepsodent. |