Bila konsumen merasa apa yang diinginkannya tercapai dalam segala hal, baik dalam kualitas produk maupun kepuasan dalam penunjang produk tersebut dapat berupa service maupun kepuasan dalam pelayanan yang baik dan ramah, maka konsumen tak akan segan-segan dalam bertahan dalam menggunakan produk perusahaan tersebut dan akan menjadi sangat loyal. Konsumen merupakan titik puncak dari perkembangan perusahaan dan merupakan tujuan dari pemasaran, yang tidak dapat dipisahkan, perusahaan pasti membutuhkan konsumen.Layanan merupakan faktor penting bagi pengalaman makan konsumen di sebuah restauran. Kualitas pelayanan dianggap sebagai faktor penting bagi pelanggan restauran. Selain itu, beberapa studi sebelumnya menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap persepsi kinerja pelayanan dan kepuasan pelanggan. DINESERV adalah skala untuk mengukur kualitas pelayanan yang dirasakan pelanggan restoran. DINESERV mengadopsi lima dimensi SERVQUAL. Skala-skala tersebut adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy yang ditawarkan oleh restauran tersebut. Disini konsumen akan membagi harapan dan pengalamannya saat sedang makan di restauran Sushi Naga Bumi Serpong Damai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh restauran Sushi Naga BSD, mengetahui adakah perbedaan antara kualitas pelayanan yang dirasakan dan yang diharapkan pelanggan Sushi Naga BSD, mengukur seberapa besar tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan lime dimensi DINESERV, yaitu dengan membandingkan antara harapan konsumen dengan kinerja Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi wawancara dengan pihak restauran dan seratus lima puluh enam orang konsumen Sushi Naga BSD yang dibagikan kuesioner. Hasil analisis menunjukan bahwa konsumen Sushi Naga sangat puas akan pelayanan yang diberikan, ada beberapa perbedaan antara pelayanan yang dirasakan dan yang diharapkan pelanggan Sushi Naga BSD, dan tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen tinggi. Kepuasan konsumen ini meliputi kelima dimensi DINESERV tersebut, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. |