Saat ini banyak pasar modern yang meramaikan persaingan seperti Hero, Giant, Carrefour, Makro, Hypermart, Alva, Circle K, dan lain - lain. Hal ini terjadi karena konsumen menginginkan tempat belanja yang nyaman dan menyediakan berbagai kebutuhan hidup mereka secara lengkap sehingga konsumen hanya perlu mengunjungi satu tempat saja untuk membeli berbagai kebutuhan hidup mereka. Sehubungan dengan hal ini, maka penulis ingin melakukan analisis tentang kecenderungan pilihan konsumen terhadap pasar swalayan yang ada. Namun, penulis membatasi pilihan konsumen ini hanya pada Carrefour Duta Merlin dan Giant Lindeteves Trade Center. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden yang berbelanja di Carrefour Duta Merlin dan Giant Lindeteves Trade Center. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan penghitungan Mean Score, Overall Mean Score dan perangkat statistik uji non parametrik Wilcoxon, dimana untuk penghitungan uji non parametrik Wilcoxon dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS versi 15.0. Atribut – atribut yang dianalisis adalah kelengkapan dan ketersediaan produk, kualitas dan kesegaran produk, tata letak dan kerapihan penyusunan produk, kenyamanan ruangan (bersih, aman, sejuk), harga produk, promosi, kecekatan dan ketelitian kasir, serta luas area dan kemudahan parkir. Dari hasil penelitian setiap atribut, dapat disimpulkan bahwa konsumen cenderung memilih berbelanja di Carrefour Duta Merlin daripada Giant Lindeteves Trade Center. |