Dunia telekomunikasi semakin berkembang di era yang modern ini. Agar dapat tetap mempertahankan produk dan dikenal serta dipilih masyarakat daripada pesaingnya, setiap provider handphone baik GSM atau CDMA harus mengetahui bagaimana cara-cara agar konsumen beralih dan menggunakan provider mereka. Salah satunya dengan melihat marketing mix (produk, harga, tempat/distribusi dan promosi) yang dilakukan perusahaan agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli sebuah produk, seperti sim card XL. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat/distribusi dan promosi terhadap minat beli, dengan menggunakan 100 sampel, yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Unika Atma Jaya Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan convenience sampling. Variabel penelitian ada produk, harga, tempat/distribusi, promosi sebagai variabel bebas (independent) dan minat beli sebagai variabel terikat (dependent). Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara produk, harga, tempat/distribusi dan promosi terhadap minat beli. Hal ini dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 0,545 yang artinya pengaruh produk, harga, tempat/distribusi dan promosi terhadap minat beli sebesar 54,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. |