Dalam persaingan usaha yang semakin ketat, perusahaan dituntut harus tetap unggul dibandingkan kompetitornya. Keunggulan perusahaan ditentukan oleh beberapa faktor penting. Salah satu faktor tersebut adalah memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan kompeten dibidangnya. SDM merupakan penyangga utama dan roda penggerak perusahaan. Tanpa SDM, perusahaan tidak dapat berjalan. Manajemen SDM mempunyai tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan kompetensi individu dengan cara memberikan pelatihan kepada karyawan. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan. Pelaksanaan penelitian pada PT Jalantol Lingkarluar Jakarta dilakukan pada periode November 2009 hingga Januari 2010. Data diperoleh dengan metode wawancara, studi dokumen perusahaan serta kuesioner. Kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan internal control questionnaire dan compliance test. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, penulis menarik simpulan bahwa fungsi pelatihan berjalan cukup efektif dan efisien. Namun ada permasalahan yang dihadapi dalam pelatihan,yaitu program pelatihan tidak disusun berdasarkan ayang kurang tepat waktu serta materi yang kurang sesuai dengan yang telah ditentukan.nalisis kebutuhan kompetensi, pelaksanaan yang kurang tepat waktu serta materi yang kurang sesuai dengan yang telah ditentukan. |