Anda belum login :: 19 Apr 2025 11:03 WIB
Detail
ArtikelPembelajaran terpadu sebagai alternatif peningkatan efektivitas pengajaran bahasa indonesia di sd kelas V.  
Oleh: Karmin, Y.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Sanata Dharma no. 04 (May 1999), page 07.
Topik: Pengajaran Bahasa Indonesia; Pembelajaran Terpadu
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J89
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelMasalah pokok penelitian tindakan kelas ini adalah sejauh mana pembelajaran terpadu dapat meningkatkan efektivitas pengajaran bahasa Indonesia di SD kelas V pada komponen kebahasaan, pemahaman, penggunaan, apresiasi sastra, dan pengembangan minat siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Gayam 3 Yogyakarta pada bulan Maret sampai Juni 1997 dengan mengembangkan tiga tema dalam tiga putaran. hasil penelitian ini secara kuantitatif tampak pada rata-ata prestasi belajar siswa berturut-turut pada putaran I; 63,97; putaran II; 67,37; dan putaran III: 73,97; sedangkan secara kualitatif tampak pada keberanian para siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat serta semangat belajar yang tak kenal lelah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)