Pesatnya perkembangan teknologi dan ketatnya persaingan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis dibidang teknologi membuat para pelaku bisnis dalam bidang tersebut berlomba – lomba untuk terus berinovasi menciptakan produk yang mampu menarik hati konsumen. Kepuasan konsumen adalah salah satu faktor penting untuk dapat mempertahankan konsumen sekaligus memperoleh konsumen baru. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bukan hanya kepuasan konsumen yang menjadi faktor penting dalam mempertahankan dan memperoleh konsumen baru. Perlu adanya suatu ikatan emosional antara konsumen dengan merek tertentu sehingga menimbulkan kecintaan konsumen terhadap merek tersebut. Penulis menyebarkan kuesioner secara online dengan melibatkan 198 responden yang merupakan member dari grup id-iPad pada yahoo group. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) serta teknik sensus melalui www.kwiksurveys.com untuk memperoleh responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand passion dan brand commitment memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembentukan brand love. Selanjutnya, brand love juga memberikan pengaruh yang kuat dalam pembentukan brand loyalty dan positive word – of – mouth. |