Tingkat persaingan yang semakin tajam diantara para pemain industry menuntut masing-masing pelaku industry untuk lebih meningkatkan kemampuan bersaingnya. Inovasi adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan. Oleh karena itu mempelajari manajemen inovasi dalam suatu perusahaan merupakan topik kajian yang menarik. Riset ini bertujuan untuk meneliti pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap tingkat inovasi perusahaan, dan juga meneliti pengaruh tingkat inovasi perusahaan terhadap competitive advantage perusahaan, dengan menggunakan pendekatan “7 S Mc.Kinsey & Co” yang meliputi strategi, struktur, sistem, gaya, staf, dan nilai bersama. Sedangkan pengaruh faktor eksternal organisasi diukur menggunakan model “Five Forces Porter” yaitu intensitas persaingan, ancaman pendatang baru, ancaman substitusi, kekuatan pemasok dan kekuatan pembeli. Faktor internal dan eksternal tersebut akan mungkin akan memberikan pengaruh yang positif ataupun tidak memberikan pengaruh positif terhadap tingkat inovasi, dan tingkat inovasi akan memberikan pengaruh yang positif ataupun tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap competitive advantage perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data di PT Kabelindo Murni Tbk, sebuah industry kabel melalui kuesioner yang berisikan item pernyataan untuk mengukur persepsi karyawan dalam level pengambil keputusan terhadap pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap tingkat inovasi perusahaan, dan juga pengaruh tingkat inovasi perusahaan terhadap competitive advantage perusahaan. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor internal memberikan pengaruh positif terhadap tingkat inovasi, sedangkan faktor eksternal tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap tingkat inovasi, dan juga tingkat invoasi tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap competitive advantage dari perusahaan. |