Anda belum login :: 07 Jun 2025 12:20 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Perusahaan Terhadap Tingkat Inovasi Dan Competitive Advantage Perusahaan (Studi Kasus di PT KABELINDO MURNI Tbk)
Bibliografi
Author: David ; Rumanti, Augustina Asih (Advisor)
Topik: Faktor Internal Perusahaan; Faktor Eksternal Perusahaan; Tingkat Inovasi; Competitive Advatage; Inovasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-637
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tingkat persaingan yang semakin tajam diantara para pemain industry menuntut
masing-masing pelaku industry untuk lebih meningkatkan kemampuan bersaingnya. Inovasi adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan. Oleh karena itu mempelajari manajemen inovasi dalam suatu perusahaan merupakan topik kajian yang menarik.
Riset ini bertujuan untuk meneliti pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan
terhadap tingkat inovasi perusahaan, dan juga meneliti pengaruh tingkat inovasi perusahaan terhadap competitive advantage perusahaan, dengan menggunakan pendekatan “7 S Mc.Kinsey & Co” yang meliputi strategi, struktur, sistem, gaya, staf, dan nilai bersama.
Sedangkan pengaruh faktor eksternal organisasi diukur menggunakan model “Five Forces Porter” yaitu intensitas persaingan, ancaman pendatang baru, ancaman substitusi, kekuatan pemasok dan kekuatan pembeli.
Faktor internal dan eksternal tersebut akan mungkin akan memberikan pengaruh yang positif ataupun tidak memberikan pengaruh positif terhadap tingkat inovasi, dan tingkat inovasi akan memberikan pengaruh yang positif ataupun tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap competitive advantage perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data di PT Kabelindo Murni Tbk, sebuah industry kabel melalui kuesioner yang berisikan item pernyataan untuk mengukur persepsi karyawan dalam level pengambil keputusan terhadap pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap tingkat inovasi perusahaan, dan juga pengaruh tingkat inovasi perusahaan terhadap competitive advantage perusahaan. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Square. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor internal memberikan pengaruh positif terhadap tingkat inovasi, sedangkan faktor eksternal tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap tingkat inovasi, dan juga tingkat invoasi tidak memberikan pengaruh yang positif terhadap competitive advantage dari perusahaan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)