Semakin tingginya tingkat kehidupan seseorang maka semakin tinggi pula gaya hidupnya. Sekarang ini, banyak perusahaan asing yang masuk ke Indonesia untuk bersaing dengan perusahaan nasional. Salah satunya adalah perusahaan asuransi Prudential. Persaingan dengan perusahaan asing serupa dan dengan perusahaan nasional menjadikan kualitas pelayanan menjadi sangat krusial. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap pelayanan Prudential dan untuk mengetahui atribut-atribut yang dianggap penting bagi kepuasan nasabah Prudential. Untuk mengetahui kepuasan nasabah, maka penulis melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 98 orang nasabah Prudential di Universitas Indonesia pada bulan Agustus dan September 2009, yang dipilih dengan sampel non probabilitas yaitu menggunakan judgment sampling. Adapun variabel-variabel yang diteliti adalah tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa mahasiswa/i serta dosen Universitas Indonesia merasa puas dengan kualitas pelayanan Prudential. Atribut-atribut yang dianggap penting bagi nasabah adalah Agent berpenampilan rapih, agent memberikan informasi yang terbaru dan akurat kepada nasabah, pemberian souvenir/penghargaan/kartu ucapan terhadap nasabah, agent memberikan informasi yang mudah dimengerti nasabah, agent membantu dalam pemilihan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, agent menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah, agent memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai dalam melayani dan menjawab pertanyaan. |