Peningkatan kualitas akan produk barang dan jasa disertai harga yang terjangkau merupakan suatu usaha yang penting dan harus dilakukan oleh perusahaan guna mempertemukan antara harapan konsumen dengan produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Bila hal itu terjadi maka akan membawa keuntungan bagi perusahaan baik keuntungan ekonomis maupun non ekonomis. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas akan barang dan jasa yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan dengan diikuti kualitas barang atau produk dengan harga yang kompetitif adalah Total Quality Management (TQM). Teknik TQM juga telah diakui dapat membantu meningkatkan kepuasan konsumen, kepuasan karyawan, dan produktivitas. Dalam hal ini penulis ingin menilai seberapa besar pengaruh penerapan TQM terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan yang diukur adalah dari sisi keuangan dan non-keuangan. Dalam mengukur kinerja perusahaan ini, penulis menggunakan data berupa laporan keuangan perusahaan dari tahun 2006 hingga tahun 2008. Selain itu, penulis juga menggunakan kuesioner yang dibagikan pada karyawan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan TQM di PT. TARA telah menghasilkan kinerja perusahaan baik dari sisi keuangan dan non-keuangan adalah memuaskan (positif). Dari sisi keuangan, tingkat likuiditas, solvabilitas dan rentabilitasnya mengalami perbaikan dari tahun ke tahun. Dan juga rasio-rasio keuangannya rata-rata mengalami kenaikan. Dari sisi non-keuangan, tingkat kualitas dilihat dari internal perusahaan adalah baik. Serta tingkat kepuasan pelanggan juga dapat dipenuhi dengan baik oleh perusahaan. Dengan pemenuhan kepuasan pelanggan, maka perusahaan juga mendapatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan ini dapat berimbas baik terhadap kinerja perusahaan dan hasil yang dicapai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya penerapan TQM pada perusahaan, dan disertai dengan implementasi yang konsisten maka akan menghasilkan kinerja perusahaan yang baik. |