Merek saat ini sudah mencerminkan suatu gaya hidup. Dalam menanggapi hal tersebut, perusahaan melakukan strategi merek di mana perusahaan menggali kebutuhan emosional yang ada di benak konsumen dan mengaplikasikannya ke dalam suatu merek. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan karakteristik yang ada di dalam diri manusia ke dalam merek (brand personality). Brand personality bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah mengingat suatu merek karena terdapat berbagai macam sifat dan karakteristik di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menggambarkan brand personality Pepsi. Metode penelitian adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 190 responden mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Manajemen Angkatan 2007 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Teknik pemilihan sampel dengan probability sampling yaitu simple random sampling dan penentuan besar sampel dilakukan berdasarkan dari rumus perhitungan Slovin. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor untuk mencari faktor-faktor apa saja yang menggambarkan brand personality Pepsi. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang menggambarkan brand personality terdiri dari 11 faktor. Faktor-faktor tersebut adalah faktor Inspiratif, faktor Kejujuran, faktor Ketulusan, faktor sosial, faktor Inovatif, faktor Keperkasaan, faktor Kompeten, faktor Bergaya, faktor Kesuksesan, faktor berkarisma, dan faktor kegembiraan. Faktor Inspiratif merupakan faktor yang paling dominan dalam menggambarkan brand personality Pepsi menurut responden sebesar 25,564%. |